Nasi Malaysia

Jika anda bosan dengan makanan di dalam negeri tidak ada salahnya anda mencoba resep masakan dari luar. Tapi bukan berarti lebih menyukai masakan luar hanya saja  ingin sedikit membuat lidah merasakan sesuatu yang baru. Nasi umumnya merupakan makanan pokok di Indonesia, jika dimasak dengan ala berbeda mungkin akan lebih terlihat menarik.

nasi lemak malaysia
nasi lemak malaysia
Di Malaysia ada masakan yang disebut nasi Malaysia. Bahan-bahannya mudah didapatkan proses memasaknya pun tidak terlalu repot. Bahanya terdiri dari 2 sendok makan minyak, 5 butir bawang merah yang sudah diiris halus, daging sapi, cengkih, daun pandan  dan yang utama tentu beras secukupnya. Cara memasaknya prtama tumis bawang merah sampai harum, masukan bumbu rempah yang sudah dihaluskan. Jika sudah bercampur masukan daging sapi yang sudah diiris hinnga daging berubah warna. Setelah itu tambahkan cengkih, beras, daun pandan dengan dituangi air dan rebus sampai air terserap oleh beras. Angkat , kukus dalam dandang panas sampai matang. Terakhir angkat nasi jika sudah terlihat matang taburi bawang merah goreng. Agar lebih nikmat sajikan dengan lauk pauknya.

Dilihat dari bahan dan penyajiannya hampir serupa dengan nasi liwet . mungkin karena berasal dari Malaysia resep masakan ini disebut dengan nasi Malaysia. Tidak ada salahnya jika ingin membuat makanan yang biasa menjadi makanan yang luar biasa. Selain dapat membuat nafsu makan lebih juga dapat mengurangi rasa bosan pada makanan tersebut meskipun sering di konsumsi.