Nokia Luncurkan Software Smartphone Baru

Nokia Luncurkan Software Smartphone Baru - Meskipun anak perusahaan perangkat mobile-nya telah diakuisisi Microsoft, namun perusahaan Finlandia, Nokia tetap melakukan penelitian untuk meningkatkan performa smartphone di frekuensi 3G. Penelitian dan riset yang dilakukan adalah dalam hal kecepatan browsing dan baterai hemat energi.

Software tersebut diberi nama Nokia High Speed Cell FACH. Dilansir BeritaTerkini dari KompasTekno (24/10/2014), fitur tersebut bisa meningkatkan kecepatan browsing hingga 20 persen dibanding teknologi 3G yang sudah ada saat ini.

Kantor Penjualan Nokia di Finlandia / The Droid Guy

Disamping itu, teknologi yang dikembangkan Nokia diklaim bisa memangkas network signalling oleh smartphone sebesar 80 persen, serta mampu mempercepat waktu respon hingga 65 persen.

Segala kelebihan, High Speed Cell FACH juga dikatakan menghasilkan daya tahan baterai 40 persen lebih lama.

Resit yang dilakukan oleh Nokia dengan menjalankan berbagai aplikasi di smartphone, seperti WhatsApp, Messenger, Facebook, browsing web, serta berkirim e-mail. 

Menurut Nokia, supaya mendapatkan hasil yang maksimal, High Speed Cell FACH harus dijalankan dengan smartphone yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon.

"Dengan banyaknya smartphone 3G yang beredar, maka peningkatan efisiensi jaringan dalam beban frekuensi yang tinggi harus diutamakan," ujar Thorsten Robrecht, vice President Mobile Broadband Nokia Networks.

Menurut Thorsten Robrecht, Nokia Networks selama ini telah memiliki beragam fitur software untuk meningkatkan kemampuan smartphone dalam mencari sinyal.  "High Speed FACH adalah jawabannya," demikian ungkap Robrecht.