Mengenal Sosok Menkominfo Kabinet Kerja, Rudiantara

Menengenal Sosok Menkominfo Kabinet Kerja, Rudiantara - Dua hari yang lalu tepatnya, Minggu (26/10/2014) sore, Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan susunan resmi Kabinet Kerja untuk periode 2014-2019. Dari 34 menteri yang diumumkan terdapat salah seorang sosok yang tak asing lagi didunia pertelekomunikasian, dia adalah Rudiantara. Pria 55 tahun ini ditunjuk sebagai Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo) yang baru.

Dikutip BeritaTerkini dari dari situs Kominfo dan Kompas Tekno, Rudiantara yang lahir di Bogor, 3 Mei 1959 adalah profesional kawakan yang telah berkiprah selama puluhan tahun di industri telekomunikasi Indonesia. Dia pernah berkarir di tiga operator seluler terbesar di Tanah Air.

Perjalanan karir Rudiantara bermula pada 1986. Setelah menyelesaikan studi bidang Statistik dari Universitas Padjajaran, dia bekerja sebagai General Manager Pengembangan Bisnis di Indosat.

Sekitar 10 tahun setelahnya, pada 1996, Rudiantara menjabat sebagai COO PT Telekomindo Primabhakti. Pemegang gelar MBA dari IPPM-Indonesia ini kemudian mengisi posisi sebagai direktur di PT XL Axiata Tbk (dulu PT Excelcomindo Pratama Tbk) sejak 2005. 

Menengenal Sosok Menkominfo Kabinet Kerja, Rudiantara
Menkominfo RI Rudiantara

Rudiantara sempat berkiprah di luar industri telekomunikasi dengan memegang dua jabatan sebagai CEO Bukitasam Transpacific Railways dan CEO Transpacific Railways Infrastructure, Wakil Direktur Semen Gresik, kemudian menjabat Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero) pada 2006. 

Sewaktu di PLN, Rudiantara berperan besar dalam mencari pendanaan untuk proyek pembangkit listrik 10.000 megawatt. Tapi dia kemudian mengundurkan diri dan kembali ke dunia telekomunikasi sebagai Komisaris Independen di PT Telekomunikasi Indonesia pada 2011, kemudian Komisaris Independen di PT Indosat Tbk sejak akhir 2012.

Di berbagai organisasi pun Rudiantara terlihat aktif, seperti sebagai Sekjen Asosiasi Telekomunikasi Indonesia (ATSI). Terakhir, dia tercatat sebagai Komisaris utama PT Rukun Raharja sejak Juni 2014. 

Pengalamannya menyisihkan nama-nama lain yang sempat disebut sebagai calon Menkominfo, seperti Dirut RRI Rosarita Niken Widiastuti, ketua APTIKOM Richardus Eko Indrajit, Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora dan mantan Humas Kemenkominfo 
Gatot S. Dewa Broto, praktisi IT Onno W. Purbo, dan Ketua DPP PDI Perjuangan Maruarar Sirait.

Dalam masa bakti lima tahun ke depan, Rudiantara akan menghadapi tugas berat membereskan permasalahan teknologi informasi di Nusantara hingga lima tahun ke depan. Tugas berat yang akan dihadapinya antara lain peningkatan infrastruktur dan kecepatan internet serta tata kelola frekuensi di Indonesia.